Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas (Bahas Lengkap)

2 min read

√ Tanda Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas

Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas (Bahas Lengkap) Hai sobat berkebun kali ini berkebun.co.id akan membahas mengenai tanda burung merpati yang cerdas dan berkualitas, mari kita baca artikel lebih lanjut berikut ini.

Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas (Bahas Lengkap)

Tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, bahwa burung merpati ini adalah salah satu burung yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, dan dikenal memiliki kesetiaan terhadap pasangannya.

Banyak penghobi merpati membagi pengalamanya dalam bermain merpati dan feeling akan menjadi bagian yang penting dalam mendapatkan burung merpati yang berkualitas. Banyak cara untuk memilih merpati yang berkualitas tinggi, tetapi jangan lupa memilih merpati hanya melihat dari satu bagian saja, semua bagian saling mendukung.

Oleh sebab itu, kami akan membagikan informasi mengenai tanda burung merpati yang cerdas dan berkualitas, dengan ulasan berikut ini :

1. Melalui Mata

Pertama anda bisa memperhatikan kondisi mata burung terlebih dahulu, dalam memilih burung merpati yang cerdas sebelum mengecek yang lainnya. Pupil harus merespon sinar matahari dengan cepat, mengecil ketika dihadapkan kearah matahari, jangan hanya mengecil sedikit tetapi harus benar-benar mengecil. Dan akan kembali normal dengan cepat ketika sudah tidak diarahkan ke matahari.

Selain itu juga di mata burung merpati mempunyai cincin lingkar yang menempel pada biji mata, mempunyai warna hijau atau warna lainnya. Cari yang memiliki dua warna mata, warnanya bisa kuning tua dengan kuning muda, merah muda dengan putih atau merah tua dengan hijau tua.

Baca Juga:  Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar

Bola mata pada burung merpati memiliki bentuk bundar sempurna. Anda juga bisa melihatnya dengan mata kepala telanjang tanpa perlu menggunakan perlatan. Kedua mata burung merpati pastikan berbentuk bundar atau seperti salah satu sisi dari bola sepak yang dibelah menjadi dua.

2. Bentuk Kepala

Untuk mendapatkan burung berkualitas maka bentuk kepala harus besar dan batok kepala bagian depan lebih tinggi atau nonong. Pilih juga kemiringan pangkal hidung dengan atas batok kepala besar sudut 45 – 60 derajat.

Burung merpati bentuk kepala seperti ini cerdas dan bagus pada saat naik dan bagus juga pada saat turun. Anda juga bisa melihat bentuk kepala atau raut muka kelihatan sangar dan galak seperti burung elang.

3. Paruh Merpati

Paruh burung merpati yang bagus berbentuk runcing pada bagian ujung. selainitu juga bentuk paruh tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Dan mempunyai paruh panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh, dan sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan paling atas.

4. Ekor dan Kaki

Selanjutnya carilah  burung merpati yang mempunyai bulu ekor yang rapat tebal dan panjang sesuaikan dengan pegangan dan kelenturan. Ketika anda pegang bulu ekor akan terlihat menyatu, sebab itu adalah ciri dari pinggang burung merpati kecil, artinya burung merpati seperti ini mempunyai kecepatan turun dengan cepat.

Akan tetapi, jika anda pegang bulu ekor melebar pada ujung tidak mengumpul jadi satu, berarti tanda burung merpati pinggang besar dan burung seperti ini turun dengan genjotan. Selanjutnya pilih kaki yang terlihat kering bersisik dan panjang.

Para penghobi burung merpati yang berpengalaman bilang juga, tanda kaki yang bagus kalau lagi dipegang kakinya akan mendorong ke belakang sejajar dengan ekor.

Baca Juga:  Cara Ternak Burung Kenari 100% sukses (Panduan Lengkap)

5. Dada Tinggian

Bentuk dada burung merpati seperti huruf V, biasanya burung merpati akan cepat turun dari arah mana saja. jangan anda pilih dada burung merpati yang berbentuk huruf O atau datar. Sebab tulang dada burung merpati yang cerdas sedikit lebih panjang dari telunjuk orang dewasa atau paling tidak sama.

Besar kecil dan jarak pinggang burung merpati, juga berpengaruh pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak memiliki keseimbangan yang baik.

Untuk itu pilih jarak pinggang dengan badan rapat, baik pinggang besar atau kecil. Burung merpati seperti ini biasanya akan turun cepat.

Demikianlah ulasan mengenai Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas (Bahas Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bisa menjadi sebuah pengetahuan bagi anda penghobi burung merpati, salam sukses dan terimakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read