Keistimewaan Ikan Bawal

Posted on

Keistimewaan Ikan Bawal – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Keistimewaan Ikan Bawal. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Contents

Keistimewaan Ikan Bawal


Usaha pembesaran dicoba dengan dimaksud buat mendapatkan ikan ukuran konsumsi ataupun ukuran yang disenangi oleh konsumen.

Pembesaran ikan bawal bisa dicoba di kolam tanah ataupun kolam permanen, baik secara monokultur ataupun polikultur.

Bawal air tawar dikala ini banyak diminati sebagai ikan konsumsi serta sesuai buat dibudidayakan diBeberapa daerah indonesia. Ikan Bawal memiliki beberapa keistimewaan antara lain:

  • Pertumbuhannya lumayan cepat
  • Nafsu makan besar dan termasuk pemakan segalanya (OMNIVORA) yang condong lebih banyak makan dedaunan
  • Ketahanan yang tinggi terhadap keadaan limnologis yang kurang baik
  • Disamping itu rasa dagingnya juga lumayan lezat, nyaris menyamai daging ikan Gurame

Cara Berbudiaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam

Kolam buat pemeliharaan ikan bawal dipersiapkan semacam halnya ikan air tawar yang lain. Persiapan kolam ini dimaksudkan buat meningkatkan santapan alami dalam jumlah yang lumayan.

  • Mula-mula kolam dikeringkan sehingga tanah dasarnya betul-betul kering. Tujuan pengeringan tanah dasar antara lain:
    • Membasmi ikan-ikan liar yang bersifat predator ataupun kompetitor (penyaing makanan).
    • Kurangi senyawa-senyawa asam sulfida (H2S) serta senyawa beracun yang lain yang tercipta selama kolam terendam.
    • Membolehkan terbentuknya pertukaran udara (aerasi) dipelataran kolam, dalam proses ini gas-gas oksigen (02) mengisi celah-celah serta pori-pori tanah.
  • Sembari menunggu tanah dasar kolam kering, pematang kolam diperbaiki serta diperkuat buat menutup kebocoran-kebocoran yang ada.
  • Sehabis dasar kolam betul-betul kering dasar kolam perlu dikapur dengan kapur tohor ataupun dolomit dengan dosis 25 kilogram per 100 m persegi. Perihal ini buat tingkatkan pH tanah, pula bisa buat menewaskan hama ataupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.
  • Kolam pembesaran tidak tentu harus dipupuk. Ini disebabkan santapan ikan bawal sebagian besar diperoleh dari santapan tambahan ataupun buatan. Tetapi apabila dipupuk bisa memakai pupuk kandang 25–50 kilogram/100 m2 serta TSP 3 kilogram/100 m2. Pupuk kandang yang digunakan wajib betul-betul yang telah matang, supaya tidak jadi toksin untuk ikan.
  • Sehabis pekerjaan pemupukan berakhir, kolam diisi air setinggi 2-3 centimeter serta dibiarkan sepanjang 2-3 hari, setelah itu air kolam ditambah sedikit demi sedikit hingga kedalaman dini 40-60 centimeter serta terus diatur hingga ketinggian 80-120 centimeter bergantung kepadatan ikan. Bila corak air telah hijau cerah, baru benih ikan ditebar (umumnya 7-10 hari sehabis pemupukan).

Keistimewaan Ikan Bawal


Pemilihan Serta Penebaran Benih

Pemilihan benih
  • Pemilihan benih tentu penting, sebab cuma dengan benih yang baik ikan hendak hidup serta berkembang dengan baik.
  • Ada pula ciri benih yang baik antara lain Sehat, Anggota badan lengkap, Aktif bergerak, ukuran seragam, tidak cacat, Tidak bawa penyakit, tipe unggul.
Penebaran benih

Saat sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan supaya benih ikan tidak dalam keadaan stress dikala terletak dalam kolam.

Metode menyesuaikan diri: ikan yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, perkenankan hingga dinding plastik mengembun.

Ini tandanya air kolam serta air dalam plastik telah sama suhunya, sehabis itu dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih hingga benih nampak dalam keadaan baik.

Berikutnya benih ditebar/dilepaskan dalam kolam secara perlahan.


Mutu Pakan Serta Metode Pemberian

Mutu serta kuantitas pakan sangat berarti dalam budidaya ikan, sebab cuma dengan pakan yang baik ikan bisa berkembang serta tumbuh sesuai dergan yang kita mau.

Mutu pakan yang baik merupakan pakan yanq memiliki gizi yang balance baik protein, karbohidrat ataupun lemak dan vit serta mineral.

Sebab ikan bawal bersifat omnivora maka santapan yang diberikan dapat berbentuk daun-daunan ataupun berbentuk pelet.

Pakan diberikan 3-5% berat tubuh (ditaksir jumlah total berat ikan yang dipelihara). Pemberian pakan bisa ditebar secara langsung.

Pemungutab Hasil

Pemungutan hasil usaha pembesaran bisa dicoba sehabis ikan bawal dipelihara 4-6 bulan, waktu tersebut ikan bawal sudah mencapai ukuran kurang lebih 500 gr/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/meter 2.

Umumnya perlengkapan yang digunakan berbentuk waring bermata lebar. Ikan bawal hasil pemanenan hendaknya penampungannya dicoba ditempat yang luas (tidak kecil) serta kondisi airnya senantiasa mengalir.

Demikian ulasan mengenai Keistimewaan Ikan Bawal, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.