6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah

Posted on

6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah – Arang sekam atau sekam bakar banyak sekali digunakan sebagai bahan untuk membantu menggemburkan tanah. Sekam bakar ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari bekas penggilingan padi. Selain itu, tahukah anda bahwa sekam bakar dapat memperbaiki struktur tanah secara kimia, fisik dan juga biologinya. Arang sekam dapat memperbaiki porositas tanah menjadi pembunuh bibit penyakit dan membuat tanah semakin subur.

Sekam bakar biasanya dapat digunakan sebagai media tanam yang baik untuk tanaman hidroponik, polybag ataupun media tanam penyemaian. Nah banyak sekali ya kegunaan dari arang sekam ini. Baiklah pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai bagaimana sih cara membuat arang sekam. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah

Sebelum membuat arang sekam sebaiknya persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan untuk membuat arang sekam, adapun alat dan bahannya adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan

1. Sekam padi atau kulit gabah kasar bekas penggilingan

2. Kayu bakar atau juga bisa menggunakan tungku, bisa juga dengan sampah kering

3. Kwali bekas atau seng

4. Wadah yang digunakan untuk arang sekam nantinya jika proses selesai

5. Air

6. Korek api

7. Dan yang terakhir adalah pengaduk yang bisa dari kayu ataupun spatula.

Cara atau Proses Pembuatan

1. Tempat Lokasi

Sebelum melakukan pembakaran, sebaiknya carilah tempat yang aman dan baik, juga carilah tempat yang agak luas karena asap dari pembakaran lumayan tebal dan sedikit menganggu.

Baca Juga:  Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon

2. Buat Tungku

Setelah melakukan persiapan tempat yang sesuai, langkah selanjutnya adalah membuat tungku pembakaran yang bisa dari apa saja, seperti batu bata dan lain sebagainya.

3. Proses Pembakaran

Taruhlah kayu bakar atau bisa juga dengan sampah kering untuk membakar arang sekam, kemudian pasang wajan atau kwali besar, namun jika tidak ada maka bisa menggunakan seng. Kemudian taruh sekam kering tersebut, sebelumnya bisa dijemur terlebih dahulu agar proses pembakarannya lebih cepat. Setelah itu tunggu hingga sekam berubah menjadi kehitaman dan jangan lupa untuk membolak-balikkan sekam agar tidak gosong hanya di satu tempat saja atau disangrai.

6. Proses Akhir

Setelah arang sekam dibolak balikkan atau disangrai selama 5 sampai 10 menit dan menghitam dengan merata, maka siramlah dengan menggunakan air untuk mendinginkan arang sekam tersebut. Nah jika sudah maka pindahkan arang sekam ke wadah penyimpanan yang sudah disiapkan.

Manfaat Arang Sekam

Ada baanyak sekali manfaat dari arang sekam, dia bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam juga dapat meningkatkan porositas tanah, sehingga tanah menjadi gembur sekaligus meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air.

Arang sekam secara kimia memiliki kandungan unsur hara penting seperti nitrogen, (N), fosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netral sampai alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7. Arang sekam juga tidak mengandung garam yang dapat merugikan tanaman.

6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah
6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah

Arang sekam juga banyak mengandung karbon, dimana karbon sangat diperlukan dalam membuat kompos. Menurut beberapa penelitian, kemampuan arang sekam sebagai absorban yang dapat menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam proses pembuatan kompos. sehingga kompos yang dihasilkan terbebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.

Baca Juga:  Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon

Nah itulah tadi informasi mengenai 6 Cara Membuat Arang Sekam Padi Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat. Teriamakasih 🙂