5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)

2 min read

5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)

5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap) –  Buah kiwi merupakan buah yang berasal dari tanaman merambat (kayu), buah ini memiliki bentuk yang normal yakni oval, memiliki kulit berwarna hijau kecoklatan, berbulu halus dengan daging buah hijau terang atau keemasan yang didalamnya terdapat biji-biji kecil berwara hitam yang dapat dimakan.

Ada banyak sekali kandungan dalam buah kiwi yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah kandungan anti oksidan yang tinggi pada kulit buahnya lebih banyak daripada daging buah kiwi tersebut. Sehingga dapat mencegah bakteri, peradangan, kanker dan lain sebagainya. Buah kiwi juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara menanam buah kiwi dengan mudah beserta perawatannya. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagi berikut:

5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)

Berikut ini adalah panduan lengkap cara menanam buah kiwi beserta perawatannya:

1. Persiapan Lahan

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan lahan, yakni membersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu. Setelah proses itu selesai, selanjutnya dalah menggemburkan tanah yang akan dijadikan lahan untuk menanam buah kiwi tersebut. Setelah tanah gembur maka lapisilah bagian tanah lahan tanam tersebut dengan pupuk kompos dan jika ingin mengatur tingkat keasaman tanah dapat dilakukan dengan cara mengapur tanah dengan dolomit atau pupuk kapu.

Kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat lubang untuk menanam bibit dengan jarak 2 x 2 meter. Adapun tanah yang baik untuk menanam buah kiwi adalah tanah humus. Tahapan-tahapan tersebut dapat dilakukan 2 minggu sebelum tahap penanaman bibit kiwi dilakukan.

Baca Juga:  Budidaya Salak : Pemilihan Bibit, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen

2. Penyemaian Bibit atau Benih Kiwi

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penyemaian bibit kiwi. Rendam biji kiwi dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 4 sampai 6 jam, setelah itu keringkan dengan menggunakan lap. Setelah kering bungkuslah biji kiwi tersebut menggunakan tisu atau kapas selama satu malam. Hal tersebut dilakukan karena dapat membantu mempercepat proses pembenihan.

Adapun langkah-langkah atau proses penyemaian bibit kiwi adalah

  • Sebarkan biji tersebut ke tanah di lahan tanah tersebut yang telah disiapkan dan dijauhkan dari sinar matahari secara langsung dengan diberi naungan.
  • Setelah lebih dari 10 hari maka biji tersebut akan berkecambah dan akan mulai tumbuh akar.
  • Terakhir, setelah kecambah memiliki daun dan akar maka anda dapat memberikan naungan transparan agar sinar matahari dapat langsung terkena calon bibit buah kiwi. Anda juga bisa menanam bibit tersebut ke dalam pot hingga memiliki ukuran yang cukup besar untuk ditanam di tanah lahan.

3. Penanaman Bibit

Penanaman bibit dapat dilakukan pada pagi ataupun sore hari, adapun tahap penanamannya adalah:

  • Bibit yang berada di dalam pot dan sudah besar, bisa langsung ditanam ke dalam lubang yang dibuat sebelumnya pada lahan tanam.
  • Lalu tutup tanah tersebut dengan kompos, kemudian lakukan penyiraman secara rutin dan jangan sampai bibit tersebut terkena air.

4. Pemeliharaan Tanaman

Dalam hal ini proses pemeliharaan tanaman harus rutin dilakukan hingga panen. Berikut ini hal yang harus dilakukan dalam pemeliharaan tanaman kiwi:

  • Lakukan penyiraman tanaman secara teratur yakni pada pagi dan sore hari
  • Lakukan pemupukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan
  • Lakukan penyuburan tanah secara teratur
  • Lakukan pembersihan gulma
  • Lakukan pengendalian hama yakni dengan melakukan penyemprotan fungisida atau pun yang lain
  • Lakukan penggemburan tanah dengan menambahkan tanah kompos lagi (pemupukan ulang) pada tanaman
  • Lakukan pemeliharaan bunga dan bantu penyerbukan menggunakan sikat lembut agar pembuahnya dapat lebih banyak.
Baca Juga:  Tanaman Kacang Koro

5. Pemanenan Buah

5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)
5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)

Dalam melakukan pemanenan buah kiwi dapat dilakukan setelah 3 sampai 4 bulan setelah penanaman, tergantung pada kondisi cuaca dan perkembangan tanaman. Dalam proses panen ini dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan gunting agar tidak merusak tanaman buah tersebut.

Nah demikianlah informasi mengenai 5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan berhasil bagi yang ingin menanam buah kiwi. Terimakasih 🙂