15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat

Posted on

15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat – Cabai kerting adalah salah satu bumbu wajib dapur yang harus ada ya tentunya. Nah cabai keriting juga dapat dijadikan sebagai usaha loh, kita bisa menanam dan membudidayanya dan kemudian dipasarkan.

Berkebun kali ini akan memberikan informasi nih mengenai cara dan langkah menanam cabai keriting agar hasil yang diperoleh bagus. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini:

15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat

Berikut adalah cara dan langkah menanam cabai keriting:

1. Modal dan Lahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan modal dan lahan. Modal sangat perlu disiapkan agar dalam proses penanaman cabai keriting ini dapat berjalan dengan baik. Kemudian sipkan lahan yang berkualitas, adapun lahan yang bagus untuk menanam cabai adalah lahan yang memiliki tanah subur dan juga gembur serta tanahnya masih terlihat berwarna hitam.

2. Pemilihan Bibit Cabai

Untuk pemilihan bibit cabai keriting, sebaiknya disesuaikan dengan suhu lahan, karena setiap lahan memiliki suhu yang berbeda antara yang dingin dan yang panas.

3. Pembuatan Tempat Penyemaian

Buatlah tempat penyemaian yang baik agar proses penanaman cabai dapat menjadi bagus. Penyemaian dapat dibuat dari berbagai bahan, bisa dari bekas aqua gelas, aataupun dari bahan lainnya. Pembuatan dari bekas aqua ini bertujuan agar dalam penanaman nanti di lahan akarnya tidak terganggu.

Baca Juga:  Cara Menanam Kentang : Kandungan, Perawatan, Pemupukan Dan Pemanenan

4. Penyemaian Benih

Dalam penyemaian benih, sebaiknya tanam per aqua hanya satu biji benih cabai keriting agar nantinya bagus dalam proses perkembangan. Proses penyemaian cabai dapat dilakukan selama satu bulan sampai satu setengah bulan agar benih cabai tersebut matang untuk ditanam.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan adalah modal pertama yang dilakukan oleh para petani untuk menanam cabai keriting. Tanah yang sudah siap tanam kemudian dicangkul dahulu agar dalam proses penanaman mudah dan baik. Dalam proses pengolahan tanah dapat dilakukan menggunakan alat ataupun secara manual.

6. Pembuatan Lubang dan Bedengan

Buatlah bedengan agar terlihat rapi dan mudah dalam proses selanjutnya, namun jangan lupa berikan lubang untuk menanam cabai tersebut.

7. Penaburan Pupuk Organik

Setelah membuat lubang, taburkan pupuk organik secukupnya sesuai dengan para petani yang sudah memiliki pengalaman.

8. Penaburan Pupuk Kimia

Kemudian masukkan juga pupuk kimia seperti ZA, Mutiara dan lainnya. tetapi jangan terlalu banyak namun taburkan secukupnya saja. Kemudian aduklah hingga rata tanah, pupuk organik dan pupuk kimia tersebut dan biarkan tercampur merata selama 2 sampai 4 hari.

9. Cara Menanam Cabai Keriting

Setelah dibiarkan 4 hari merata dengan tanah, maka bibit cabai keriting yang sudah disemai tersebut siap ditanam dan sebaiknya tanam bibit cabai sekitar umur 1 bulan, hal ini dikarenakan cabai akan tumbuh dengan baik dan hijau.

10. Pemeliharaan

Pemeliharaan adalah cara dimana kita dapat melihat perkembangan cabai tersebut. Pemeliharaan dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah penyemprotan. Penyemprotan dilakukan untuk mencegah atau membasmi hama yang ada di tanaman cabai keriting tersebut. Penyemprotan harus sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan dalam kemasan.

Baca Juga:  Cara Menanam Labu : Tahapan, Persemaian, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

11. Penyiangan

Penyiangan ini dilakukan dengan cara membersihkan rumput di sekitar cabai keriting, agar tidak mengganggu perkembangannya.

12. Pemberian Pupuk Ulang

Pemberian pupuk ulang dilakukan pada umur seminggu setelah ditanam ke lahan, lakukan pemberian pupuk ulang baik pupuk untuk batang, daun dan buah, namun alangkah baiknya jika pupuk tersebut lengkap digunakan, tetapi dengan dosis yang sesuai.

13. Penyiraman

Penyiraman dilakukan disaat musim kemarau, bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.

14. Pemberian Turus

Untuk penanaman cabai keriting harus diberikan turus agar ketika sudah tumbuh nanti tidak jatuh dan patah, karena sensitif dengan angin dan lain sebagainya maka berikanlah turus secukupnya didekat batangnya oleh bambu kemudian diikat dengan tali agar kokoh.

15. Panen

15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat
15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat

Ciri cabai yang sudah siap untuk dipanen adalah warnanya yang sudah merah, maka siap untuk dipanen. Lama pemeliharaan cabai hingga panen tergantung dari suhu tempat penanaman, karena suhu sangat berpengaruh besar dalam penanaman cabai keriting.

Demikianlah informasi mengenai 15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga bagi yang ingin menanam cabai bisa berhasil. Terimakasih 🙂