√ Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya (Panduan Lengkap)

3 min read

manfaat singkong dan cara pengolahannya (panduan lengkap).

Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya (Panduan Lengkap) – Singkong dengan nama latin disebut Manihot esculenta merupakan tanaman jenis umbi akar atau  pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 4,5-8,5 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging singkongnya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya (Panduan Lengkap)

Ketela pohon , atau yang lebih dikenal dengan Singkong atau ubi kayu, juga merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan dau mudanya dapat digunakan sebagai sayuran. Selain nasi, singkong juga merupakan bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya di Indonesia.

Dengan ini berkebun akan menerangkan mengenai manfaat singkong dan cara pengolahannya agar menghasilkan makanan yang bermanfaat dan enak, gurih dan lezat.

Apa saja sih manfaat singkong bagi kesehatan berikut berkebun akan menjelaskan :

Karena singkong memiliki kandungan nutrisinya yang beragam, sehingga  singkong dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan bagi kebutuhan manusia, seperti, karbohidrat, pr√√√otein, serat, Mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, kalsium, Vitamin, yakni vitamin C dan vitamin A dan Air sehingga baik untuk dikonsumsi.

1. Menambah Energi

Singkong mengandung banyak kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi dibandingkan pada kalori pada umbi jenis lainnya, seperti kentang dan ubi. Oleh sebab itu, Anda bisa mendapatkan energi yang lebih ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengkonsumsi singkong.

2. Memiliki Antioksidan yang Baik

Manfaat singkong lainnya juga bisa didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit, sehingga sangat cocok bagi yang yang sayang terhadap akan kesehatan kulitnya. Selain itu manfaat lain, singkong juga diklaim dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan, dan menginduksi persalinan. walaupun demikian, manfaat singkong sebagai obat alternatif ini belum benar-benar terbukti secara medis.

Baca Juga:  Cara Tanam Jagung Hasil Melimpah : Pemilihan Bibit, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

3. Memiliki Sumber karbohidrat dan Serat Yang Tinggi

Selain itu juga, singkong juga kaya akan karbohidrat dan serat. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan bagi manusia, mengurangi peradangan, dan juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Bila kadar gula darah terkendali, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas juga akan lebih rendah.

Untuk cara pengolahan singkong yag baik adalah :

Jika anda ingin mengonsumsi singkong, pastikan anda dapat mengolahnya dengan baik dan benar. Meski proses pengolahan dapat mengurangi nutrisi yang terkandung dalam singkong, hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan zat sianida yang berbahaya pada singkong itu sendiri.

Singkong dapat diolah sebagai berikut :

Keripik Singkong

Untuk dapat membuat kripik singkong yang enak, gurih dan lezat anda dapat membuat resep keripik singkong renyah, sehingga dapat menghasilkan keripik yang mengggoda untuk di santap, berikut resepnya :

  • Tepung trigu protein sebanyak 200 gram
  • Tepung Maezena 20 gram
  • 1 butir telur yang dikocok
  • Margarin Secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang Merah dan Putih

Selanjutnya anda dapat mengolahnya dengan cara sebagai berikut :

  1. Singkong yang sudah anda pilih dan masih segar harus anda kupas kulit nya terlebih dahulu, kemudian bersihkan singkong yang sudah anda kupas tersebut dengan air hingga benar-benar bersih.
  2. Iris singkong yang sudah anda bersihkan tipis-tipis dan sama ukuran nya agar mudah ketika menggoreng nya tidak ada yang kurang matang atau gosong. Untuk mempermudah pastinya gunakan alat pemotong keripik singkong serbaguna agar hasil potongannya bisa bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirisnya, jika tidak punya, anda bisa menggunakan pisau yang tajam agar irisan nya bagus, namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
  3. Kemudian anda masukkan singkong yang sudah teriris tipis-tipis ke dalam air yang sudah anda tambahkan kapur sirih agar singkong tersebut nantinya akan lebih renyah rasanya.
  4. Setelah itu haluskan bumbu yang sudah anda siapkan di atas, dan setelah halus, anda bisa memasukkan nya ke dalam rendaman singkong tersebut, lalu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Kemudian angkatlah singkong yang sudah anda rendam tadi dan tiriskan hingga tidak ada air yang menempel atau hingga keripik tersebut kering tanpa harus di jemur di bawah matahari.
  6. Setelah itu panaskan minyak di atas api sedang, kemudian goreng singkong yang sudah kering tadi hingga matang atau krispi. Saat di goreng jangan lupa sambil di aduk agar singkong tersebut tidak menempel satu sama lain.
  7. Kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan.
  8. Setelah itu tunggu keripik singkong tersebut agar tidak ada minyak yang menempel atau hingga keripik dingin.
  9. Setelah itu anda bisa menambahkan bumbu tambahan seperti perasa coklat, keju atau perasa lain nya, anda juga bisa membuat nya original dengan tidak menambahkan apapun ke dalam nya.
  10. Setelah itu anda bisa memasukkan keripik tersebut ke dalam toples penyimpanan atau ke dalam wadah plastic.
Baca Juga:  Pengertian Budidaya : Manfaat, Contoh, Tujuan Dan Kesimpulan

Camilan keripik singkong ini memang sangat cocok ketika dinikmati ketika waktu santai atau saat berkumpul dengan keluarga, anda juga bisa membuat varian rasa yang berbeda dari yang lain nya dengan menambahkan nya ketika keripik singkong telah ditiriskan, itu akan menambah rasanya menjadi lebih enak. Dan masih banyak lagi cara pengolahannya yang dapat anda olah menjadi sebuah makanan ringan yang enak, lezat dan gurih,

Demikian pengertian mengenai Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya (Panduan Lengkap) –  yang dapat berkebun jelaskan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca tetap semngat dan salam sukses.