√ Cara Sukses Ternak Sapi Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Sukses Ternak Sapi Bagi Pemula (Panduan Lengkap),.

√Cara Sukses Ternak Sapi Bagi Pemula (Panduan Lengkap) – Sapi adalah hewan ternak yang bisa dibilang susah untuk diternak bagi pemula, sebab dengan hewan peliharaan yang cukup besar dan memerlukan kandang yang luas. sangat dibutuhkan untuk keahlian kusus beternak sapi.

Cara Sukses Ternak Sapi Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Usaha ternak sapi ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar, tetapi jika anda kurang berpengalaman maka bisa jadi anda rugi. Sapi sangat memerlukan perawatan intensif dan perhatian khusus. Jika tidak, maka sapi anda menjadi kurang sehat dan kualitasnya menurun. Bagi Anda yang tidak memiliki dan pengetahuan sama sekali tentang cara beternak sapi namun ingin memulai usaha ternak sapi, Anda harus memiliki niat dan keseriusan di bidang ini.

Keseriusan dibidang ini akan dibuktikan dengan menambah wawasan tentang cara-cara untuk mengawali usaha beternak sapi. Selain itu anda juga dapat mempelajari berbagai trik yang bisa dikembangkan saat mengawali usaha agribisnis.

Berikut berkebun akan memberikan langkah – langkahnya untuk melakukan ternak sapi :

1. Mempersiapkan Lahan dan Kandang Sapi

Pertama anda harus menyiapkan tempat untuk sapi-sapi yang akan anda diternak. Siapkan terlebih dulu tempat yang akan dibangun untuk sebuah kandang, luas tempat kandang harus tepat sesuai jumlah sapi yang telah diperkirakan untuk dikembangbiakkan. Konsep kandang sapi yang ideal dan benar – benar terancang, kandang sapi dibuat jauh dari pemukiman penduduk, dengan jarak minimum 10 meter dari rumah peternakan sapi. Lahan pertanian memiliki jarak yang cukup dekat dengan kandang sapi, jangan lupa anda harus memberi sedikit halaman di sekitar kandang sapi, lokasinya juga dibuat mudah dijangkau oleh kendaraan. Dan lokasi kandangnya harus mendapatkan pencahayaan sinar matahari yang cukup untuk menjaga suhu kandang sapi.

Baca Juga:  Budidaya Bekicot Dalam Drum

2. Memilih Jenis Sapi

Setelah anda selesai mempersiapkan tempat atau kandang, maka selanjutnya anda memilih jenis sapi yang akan anda ternak, Sapi yang mudah diternak dan sedang banyak dijadikan sebagai agribisnis adalah sapi potong. Sapi ternak ini juga memiliki berbagai jenis, antara lain:

  • Sapi Limosin, Sapi yang memiliki bobot hingga berton-ton ini merupakan ras sapi asli Prancis atau tepatnya dari daerah Marche dan Limousin. , dapat bertahan hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Dan sapi jenis ini memiliki badan yang besar dengan daging yang cukup banyak sehingga peternak sapi banyak menyukai sapi jenis ini dan dijadikan sebagai sapi pedaging. Semakin tinggi peminat membuat lebih dari 70 negara telah melakukan perkembang biakan jenis sapi ini.Alasan banyak negara mengembang biakan sapi ini karena kemudahannya yang mampu beradaptasi di berbagai iklim dunia, termasuk Irlandia yang didominasi iklim dingin dan lembab.

  • Sapi Madura, Sapi Madura adalah sapi lokal yang memiliki ciri-ciri berwarna merah dan kuning dan berpunuk, sapi potong hibrida lokal asli indonesia hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus atau sapi zebu yang secara genetik memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan penyakit.

  • Sapi bali, Untuk jenis Sapi bali ini mudah untuk dirawat sebagai hewan ternak karena kemampuan adaptasinya yang cukup baik saat berada di lingkungan baru. Jenis sapi ini memiliki berbagai keunggulan yang banyak disukai oleh peternak lokal meskipun sapi bali lebih cocok dibudidayakan di wilayah Timur Indonesia. Peternak sapi yang menilai, kualitas daging sapi pasti memilih sapi ini untuk dibudidayakan karena dagingnya memiliki tekstur yang lembut namun rendah lemak.

Itulah beberapa info mengenai jenis sapi yang mungkin dapat anda pilih untuk dijadikan peternakan sapi, sapi jenis apapun pastinya akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika anda rawat dengan baik dan benar.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)

3. Pemberian Pakan Sapi

Pemberian pakan dengan cara kusus pada ternak sapi bertujuan untuk mempercepat proses penggemukan sapi itu sendiri, karena ternak sapi pada dasarnya ingin mendorong pertumbuhan dan perkembangan sapi dengan cepat dan sehat tentunya. Supaya ternak sapi anda cepat tumbuh dan gemuk,  anda tidak hanya dengan mengandalkan pakan, tapi anda juga harus memberikan dengan pemberian vitamin. Pada proses penggemukkan sapi potong, pakan memang menjadi bagian terpenting karena pakan yang baik akan mempercepat proses tersebut. Pakan untuk penggemukan sapi harus diatur sesuai target yang anda harapkan. Bagi pembisnis sebaiknya memberikan pakan hijau lebih banyak dari pada olahan konsentrat, karena pakan hijau adalah makanan utama sapi. Dan waktu yang tepat dalam pemberian pakan, yaitu 3 kali sehari pada pukul 8 pagi, 1 siang, dan 5 sore.

4. Perawatan Sapi

Selanjutnya anda harus rutin dalam perawatan peternakan sapi anda, jangan biarkan sapi anda tidak sehat, lakukan pengecekan setiap hari pada sapi-sapi anda. Tidak hanya itu, vaksinasi juga perlu dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh sapi, kemudian memberikan obat cacing.

Kebersihan kandang sapi anda adalah hal yang paling utama yang perlu diperhatikan. Bersihkan kandang setiap hari dan jaga agar kandang tetap kering dan bersih untuk menghindari berbagai virus dan penyakit yang datang yang akan menyerang tubuh sapi. Pemeliharaan dan perawatan sapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus memiliki kesabaran yang cukup ekstra, apalagi jika beternak sapi dengan jumlah yang banyak, tenaga satu orang saja tidak cukup, anda harus memiliki 2 atu 3 karyawan utnuk membantu dalam usaha ternak sapi ini.

Demikian penjelasan dari berkebun mengenai Cara Sukses Ternak Sapi Bagi Pemula (Panduan Lengkap) mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dipraktekan dengan baik, salam sukses.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read