√ Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

3 min read

Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap) –  Hai sobat kita bertemu kembali dengan berkebun, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat buah mangga agar berbuah lebat, sudah tidak asing lagi buah mangga adalah salah satu buah yang digemari oleh setiap kalangan, tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa manfaat buah mangga tidak hanya sebagai konsumsi untuk kesehatan tubuh saja lo. Buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit anda. Jika Anda teliti, sekarang ini telah banyak perawatan kulit yang menambahkan ekstrak mangga di dalamnya, oleh karna itu mari kita berkebun buah mangga sobat.

Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Mangga juga merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk diperdagangkan, sebab buah mangga yang rasanya manis banyak peminatnya di seluruh kalangan masyarakat. Dengan ini berkebun akan memberikan ilmu cara menanam buah mangga dan merawatnya agar hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum melangkah lebih jauh anda harus tau jenis-jenis mangga.

Mangga mempunyai banyak varietas diantaranya:

  • Mangga gadung (arumanis)
  • Mangga cengkir
  • Mangga golek
  • Mangga manalagi
  • Mangga madu
  • Mangga gedong
  • Mangga Indramayu

Dan masih banyak lagi jenis mangga yang ada di seluruh wilayah indonesia, kali ini apapun jenis mangganya, cara menanam dan merawatnya sama, ada dua jenis cara untuk mendapatkan bibit agar cepat tumbuh besar dan berbuah lebat yaitu dengan cara mencangkok, dan mengokulasi.

1. Dengan Cara Mencangkok

Yang pertama adalah dengan cara mencangkok batang mangga yang dipilih untuk dicangkok, lakukan pemotongan  dan dikuliti, lebar sayatan kurang lebih 5-8 cm. Pemotongan dilakukan agar terlihat berkayu, dengan menekuk lapisan batang kambium. Kemudian sayatan dibiarkan kering selama 1-3 hari, kemudian di sekitar sayatan tersebut diberikan obat perangsang akar lalu berikan campuran tanah dan pupuk, dan dibungkus plastik yang telah dilubangi atau menggunakan pembungkus lain seperti serabut kelapa, agar mudah untuk menyerap air, setelah melakukan pencangkokan buah mangga yang anda pilih, rajinlah untuk menyirami agar cangkokan cepat tumbuh akar. Setelah tumbuh akar, anda dapat memotong hasil cangkokan dengan menggunakan gergaji. Penanaman dapat langsung di lapangan yang sudah anda siapkan terlebih dahulu atau dapat anda dipelihara dalam kantong plastik (polybag).

Baca Juga:  Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

Beberapa keuntungan ketika menggunakan dengan metode tanaman dengan sistem cangkok, hasilnya sama dengan pohon induk, menghasilkan pohon pendek dan cepat berbuah. Tetapi ada sedikit kelemahannya adalah pohon induk tidak terlalu kokoh.

2. Dengan Cara Okulasi

Harus anda tau banyak yang mengira cangkok dan okulasi itu sama, sebenarnya sangatlah berbeda cara melakukannya, cangkok dapat anda pahami dengan yang sudah dijelaskan diatas, sedangkan okulasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara mengokulasi

  • Ambil tunas (mata lengket) dan kayu dari pohon yang benar-benar dari bibit unggul.
  • Pohon alas (di bawah tunggul) dikupas setinggi 10-15 cm di atas tanah.
  • Kulit yang dikupas dipotong dua pertiga.
  • Kuncup mata terselip di pangkal pohon, lalu diikat erat dengan tali plastik, kuncup tidak terikat.
  • Setelah kurang lebih 3-4 minggu tali plastik dilepas, jika tunas tetap hijau, itu berarti okulasi berhasil, jika layu atau kering berarti gagal, berarti anda bisa diulangi di sebelahnya.
  • Jika pohon pangkal berhasil, maka pohon pangkal ditundukkan (patah dengan gunting) sekitar 10 cm di atas kuncup mata, yang berarti mendorong kuncup untuk tumbuh, sementara daun masih berfungsi untuk menghasilkan makanan. Setelah kuncup tumbuh, pangkal pohon yang diturunkan dipotong sepenuhnya dengan menggunakan gergaji.

3. Melakukan Penanaman Bibit

Selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit buah mangga yang sudah siap untuk ditanam, lalu buatlah lubang tanam berukuran lebar dan kedalaman kurang lebih 50-100 cm dengan jarak tanam sekitar 5-10 m per pohon. Jika lubang tanam sudah anda buat, berilah jerami atau sampah kering ke dalam lubang tersebut untuk dibakar dan diamkan selama kurang lebih  1-2 minggu gunanya adalah agar tanah bisa lebih subur.

Baca Juga:  Cara Menanam Pete

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman, tanamlah bibit dalam lubang tanah  beserta dengan media tanam pada polybag semai, lalu timbun kembali dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang (kotoran kambing) atau bisa juga (kotoran ayam) dan sedikit padatkan kemudian lakukan penyiraman secukupnya, baiknya lakukan penanaman ini dipagi hari atau di sore hari.

4. Melakukan Perawatan Tanaman

Selanjutnya adalah anda diharuskan untuk melakukan perawatan yang maksimal pada tanaman anda, sebab jika anda melakukan perawatan yang maksimal maka hasilnyapun akan maksimal, lakukan penyiraman seperlunya saja atau disesuaikan dengan kondisi dan cuaca lahan tanam, untuk awal penanaman lakukan penyiraman pagi dan sore hari, atau lakukan sore saja. Setelah itu lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar pohon mangga agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pohon mangga tidak berebut dengan gulma tersebut.

Selain itu, setelah 2 bulan masa tanam lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Jika ingin lebih maksimal, pohon mangga dapat diberikan pupuk buatan seperti ZA, KCl, atau NPK.

5. Perawatan Bunga Dan Buah Mangga

Bagi pecinta buah mangga, banyak yang mengeluhkan tentang persoalan bunga yang rontok, sebab jika terlalu banyak bunga yang rontok maka akan mempengaruhi kelebatan buah mangga nantiya, tetapi jangan khawatir sobat, berkebun akan memberikan solusinya agar mangga dapat berbuah dengan maksimal.

Pada masa menjelang pembungaan, tanaman mangga anda harus mendapatkan nutrisi (Posfor) dan (Kalium) dengan jumlah yang tinggi, dibandingkan dengan unsur hara (Nitrogen), tujuannya adalah untuk  merangsang bunga dan mengatasi kerontokan pada bunga, sehingga akan menghasilkan buah mangga yang lebat.

Demikian sobat penjelasan berkebun tentang Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap) semoga bermanfaat dan berguna bagi pembacanya, salam sukses dan trimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read