√ Cara Menanam Dan Merawat Buah Jambu Kristal (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Menanam Dan Merawat Buah Jambu Kristal (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Dan Merawat Buah Jambu Kristal (Panduan Lengkap) – Salam jumpa kembali sobat anda adalah para petani sukses yang pastinya cinta akan tumbuhan yang bermanfaat bagi kita semua, kali ini kita akan membahas tentang berkebun cara menanam dan merawat buah jambu kristal, Jambu kristal adalah salah satu jenis jambu yang banyak dicari dan disukai oleh banyak orang lo sobat, Karena rasa buahnya yang manis, memiliki sedikit biji dan mudah untuk dipelihara.

Cara Menanam Dan Merawat Buah Jambu Kristal (Panduan Lengkap)

Mungkin anda tertarik untuk membudidayakan buah jambu jenis ini, secara umum jenisnya sama dengan jeni-jenis jambu  lainnya, Ukurannya lumayan agak besar dan bentuk buahnya pun bulat, dengan warna hijau mengkilap. Jika jambu-jambu pada umumnya masih memiliki sedikit rasa sepat saat dimakan dan memiliki biji yang lebih banyak, maka jambu kristal ini memiliki rasa manis segar yang pastinya membuat anda ketagihan untuk memakannya lo sobat. Anda akan langsung menyukai rasa buah jambu kristal ini begitu memakannya, dan berikut adalah proses yang harus anda lakukan :

1. Mempersiapkan Bibit Jambu Kristal Yang Unggul

Yang pertama-tama anda harus sudah mempersiapkan bibit jambu kristal ini dengan bibit yang unggul, dan hasil dari cangkokan yang berkualitas, pastikan bahwa tanaman yang dicangkok ialah varietas yang unggul yakni sehat dan berbuah lebat produktif, sebab bibit yang baik akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan, dapat berbuah lebat, dan memiliki buah yang baik.

2. Proses Penanaman Bibit Jambu Kristal

Setelah semuanya anda siapkan dengan baik, maka selanjutnya adalah proses penanaman, siapkan juga media tanam berupa campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, campurkan ketiga bahan media tanam tersebut hingga tercampur rata, yang nantinya akan digunakan untuk menimbun galian lubang tanaman bibit jambu kristal.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses)

3. Proses Pemupukan Jambu Kristal

Agar tanaman jambu kristal anda dapat tumbuh dengan baik dan subur maka anda harus lakukan pemupukan secara berkala. Anda dapat melakukan pemupukan ketika berumur 0 hingga 6 bulan kedepan, sedangkan jenis pupuk yang diberikan adalah pupuk campuran dapat anda beri pupuk TSP, Pupuk Kandang, ZK dan Urea. Taburkan pupuk di sekitar tanaman atau anda juga bisa dnegan cara melubangi tanah disekitar tanaman jambu kristal dan masukan pupuk sedalam sekitar 10-15 cm.

4. Proses Pemeliharaan Jambu Kristal

Selanjutnya adalah proses pemeliharaan dalam merawat jambu kristal,anda harus lakukan dengan maksimal dan sungguh-sungguh, sebab dengan perawatan yang maksimal maka hasilnyapun akan maksimal, lakukan penyiraman setiap hari, setelah penanaman 0 sampai 6 bulan pertama, penyiraman setelah bibit yang didapat dari hasil transpalasi maupun cankokan. Penyiraman ini sendiri cukup dilakukan 2 kali sehari setelah bibit tumbuh dengan baik maka kurangi intensitas penyiraman. Usahakan jangan sampai tergenang air yang berlebihan ketika musim hujan.

5. Proses Pengendalian Hama Dan Penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit ini adalah proses yang benar-benar harus anda lakukan dengan baik dan benar, jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman jambu kristal ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lalat Buah. Hama ini bila menyerang buah jambu kristal yang masih muda, maka gejala yang terlihat akibat serangan lalat buah biasanya ditemukannya daging buah yang membusuk. Cara pengendaliannya adalah gunakan dengan perangkap petrogenol dan pembukusan buah.
  • Kutu Daun. Kutu daun biasanya menetap dibawah permukaan daun jambu. Jika terjadi serangan kutu daun berlangsung lama, maka akan menjadi hitam bekas kotoran kutu. Cara pengendaliannya adalah anda dapat lakukan dengan cara penyemptotan insektisida, seperti sevin dan furadan sesuai dengan dosis sesuai anjuran pada dosis yang tertera di bungkus obat tersebut.
  • Bercak Daun. Penyakit yang satu ini bila menyerang tanaman jambu kristal gejalanya yang terlihat akibat serangan bercak daun adalah daun yang terserang tampak bercak–bercak bulat atau kurang teratur bentuknya, sehingga daun berwarna merah dan bagian tengah bercak terkadang putih. Cara Pengendalianya adalah Untuk pengendalian bercak daun ini dapat dilakukan dengan cara memotong dan memusnahkan bagian yang terkena penyakit ini dan lakukan menyemprot dengan pestidida.
  • Semut Dan Kutu Daun. Gejala yang terlihat pada tanaman buah jambu kristal akibat serangan semut dan Kutu daun adalah timbulnya jamur hitam diatas embun pada daun atau biasa disebut embun jelaga pada permukaan daun. Cara pengendalianya adalah Untuk pengendaliannya anda dapat melakukan dengan penyemprotan insektisida, seperti sevin dan furadan.
  • Kangker atau Kudis Tanaman jambu biji yang terserang penyakit kanker atau kudis ini akan tampak bercak-bercak kecil, kemudian berkembang dan membesar hingga berwarna cokelat tua dan tampak seperti kangker dan akhirnya bisa mengering. Cara pengendalianya adalah penyakit kanker pada tanaman buah jambu kristal dapat anda lakukan dengan cara membrongsong buah dan membuang bagian tanaman yang sakit lalu anda bakar.
Baca Juga:  √ Cara Membasmi Hama Wereng Dalam Ilmu Pertanian (panduan Lengkap)

Demikian penjelasan dari berkebun mengenai Cara Menanam Dan Merawat Buah Jambu Kristal (Panduan Lengkap) mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba, semoga sukses selalu dan trimakasih.